Masjid yang Gagal Membangun Masyarakatnya


Dalam setiap aktivitas apapun tentu mengharuskan adanya INDIKATOR KEBERHASILAN .....Indikator keberhasilan ini sebagai bahan evaluasi kinerja organisasi atau seseorang, sehingga bisa berbenah ke arah yang lebih baik lagi atau sebagai acuan untuk melaksanakan berbagai perbaikan.

Adanya indikator keberhasilan seharusnya bisa diterapkan pula di masjid kita saat ini, sebab roda aktivitas masjid juga dikelola dengan sistem manajemen, yang pada akhirnya berhasil atau gagal mengelola masjid harus dipandang sebagai sesuatu yang lumrah terjadi ......yang berhasil terus diberi kesempatan mimpin dan yang gagal sebaiknya legowo untuk mundur biar tenaga dan pikiran baru masuk ke masjid.

Tapi sayangnya hampir di banyak masjid kita saat ini INDIKATOR KEBERHASILAN tidak banyak, diterapkan sehingga yang ada adalah para pengurus masjid yang terus berhasil dan tak pernah gagal.

Adapun INDIKATOR KEBERHASILAN menurut saya yakni mampu tidaknya masjid MEMBANGUN MASYARAKATNYA dengan baik, bukan di pandang dari  bangunan fisik masjid semata.

BACA JUGA: LSI: Jangan Sampai Presiden Itu Disamakan Dengan Petugas Partai

Ambilah contoh : Tidak jauh dari tempatku tinggal ada masjid yang sederhana, tapi dekat dengan masyarakat sehingga tidak ada masyarakat saat itu  yang berkenan kasus hukum, tapi dalam perjalanannya saat ini masjidnya begitu megah dan mewah tapi  justru banyak kaum muda (yang dulu masih bocah) kena kasus hukum : nyuri dll dan masuk penjara .....

Kalau dipikir-pikir mana yang lebih berhasil? Tentu kita yang berpikiran sehat akan memilih masjid yang sederhana, tapi masyarakatnya terbangun dengan baik.

Pertanyaannya adalah SUDAHKAN MASJID ANDA PUNYA INDIKATOR KEBERHASILAN??

Oleh : Ustadz NASHRULLAH JUMADI

INFO ;
0823 2474 5151 (WA)


0 Response to " Masjid yang Gagal Membangun Masyarakatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

| PENERBIT PT MERDEKA MULTI MEDIA | CREATIVE 3M Media