Musim Buah Ciplukan, Ternyata Banyak Diburu Wanita yang Ingin Tampil Cantik



BERITAJOGJA.NET ■ Malam ini, saya menyempatkan liburan di Malioboro Kota Yogyakarta. Setelah menelusuri jalan dari Malioboro dari nol kilometer hingga pasar Bringharjo, banyak sekali dijumpai pedagang Ciplukan.

Penasaran dengan trend tersebut, saya pun membeli satu ikat buah Ciplukan seharga Rp 5.000.-

Menurut pedagang, saat ini memang tengah musim buah Ciplukan. Sayangnya, pedagang tadi tak menyebutkan secara detail. Dia hanya mengatakan ada sahabatnya yang memasoknya untuk barang dagangannya itu.

Ketika saya mencoba ke pedagang lainnya, yang juga menjual buah Ciplukan juga mengakui hal yang sama. Mbah Juminten, menyebutkan saat ini buah Ciplukan memang lagi banyak di cari para kaum hawa. Pasalnya, buah Ciplukan diyakini bisa menambah tampil lebih muda dan cantik.

"Tadinya saya juga ga percaya, karena di kampung-kampung buah Ciplukan tidak dianggap. Bahkan banyak dibiarkan tumbuh secara liar. Tapi anehnya, ibu-ibu yang berpendidikan sekarang ini justru sangat menyukai buah ini. Selain buat obat kewanitaan juga buat awet muda," kata Mbah Juminten.

Buktinya, dalam satu hari Mbah Juminten mampu menjual sampai 100 ikat. "Rata-rata sehari bisa 2 keranjang," imbuhnya.

Sebuah referensi menyebutkan, bahwa manfaat buah ciplukan sebagai salah satu tumbuhan herbal memang sudah cukup tersohor. Tumbuhan yang memiliki nama Latin Physalis Angulta ini umunya tumbuh secara liar dan dapat ditemukan dengan mudah di area persawahan atau semak lainnya. Kalau sudah masak, buahnya memiliki rasa manis sehingga tidak heran apabila sangat digemari oleh anak-anak.

Pohon ciplukan mulai dari buah hingga akar memiliki beragam khasiat yang banyak digunakan sebagai bahan baku untuk ramuan tradisional. Biasanya penggunaannya dilakukan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Memiliki ciri khas berupa ukuran buah yang kecil dan terbungkus oleh kelopak dengan ujung runcing. Buah ini akan berubah warna dari hijau ke kuning setelah masak.

Kandungan Buah Ciplukan

Tidak dapat dipungkiri apabila khasiat yang dimiliki oleh ciplukan berasal dari kandungan gizi dan zat lain di dalamnya. Berikut di bawah ini adalah uraian selengkapnya :

1. Kandungan dalam buah :

Vitamin A
Vitamin C
Vitamin E
Antioksidan
Glukosa
Alkaloid
Asam malat
Asam sitrun
Fisalin
Kriptoxantin
Tannin
Withangulatin A
C2H440 – H20

2. Kandungan dalam bji ciplukan :

Cladic acid
Asam palmitat
Serat

3. Kandungan dalam daun, batang, akar dan tunas ciplukan :

Saponin
Flavonoid
Alkaloid
Chlorogenik acid
Manfaat Buah Ciplukan

1. Mengobati Kanker Payudara

Penyakit yang amat ditakuti kaum Hawa ini memang tidak dapat dicegah kedatangannya. Tapi apabila sudah terlanjur terdiagnosis dan masih menjalani masa perawatan intensif. Maka bisa dibarengi dengan mengonsumsi ciplukan untuk hasil lebih optimal. Kandungan senyawa antioksidan dalamnya memiliki khasiat sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Mengatasi Epilepsi

Manfaat yang terkandung di dalam buah cilplukan dapat dijadikan alternatif untuk membantu pengobatan pada penderita epilepsi (ayan). Kandungan zat berupa senyawa asam serta mineral yang ada di dalam daging buah, terbukti efektif membantu proses regenerasi sel saraf yang telah mengalami kerusakan. Sehingga penyakit kambuhan dapat dicegah.

3. Mengatasi Hipertensi

Banyak yang seringkali mengabaikan masalah penyakit hipertensi atau darah tinggi. Padahal, hal tersebut dapat memicu seseorang terserang stroke. Apabila menderita hipertensi, maka segera mengkonsumsi buah ciplukan baik secara langsung maupun dalam bentuk jus segar. Konsumsi ciplukan secara teratur dapat membantu mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi

3. Mencegah Diabetes

Riset membuktikan bahwa Indonesia termasuk alah satu penyumbang penderita diabetes dengan jumlah terbanyak. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya penyakit yang diakibatkan kenaikan kadar gula darah ini dapat diatasi dengan menggunakan ciplukan? Pohon ciplukan, mulai dari akar hingga buah mengandung zat dan senyawa yang berfungsi membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

4. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Mengalami radang tenggorokan memang bisa menjadi sangat mengganggu, selain sulit untuk makan dan minum, juga menimbulkan nyeri tidak tertahankan. Tapi semua masalah tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah ciplukan. Kandungan senyawa aktif bernama karotenoid di dalamnya, bersifat sebagai anti inflamasi yang membantu mengurangi radang dan nyeri.

5. Mengobati Bronkitis

Bronkitis atau yang lebih dikenal dengan nama paru-paru basah ini merupakan penyakit kronis. Apabila tidak segera ditanggulangi maka akibatnya bisa sangat fatal. Salah satu alternatif obat alami untuk mengobati bronkitis adalah dengan mengonsumsi pohon ciplukan. Selain membeli kapsulnya di apotik, Anda juga bisa mengolahnya secara manual dengan cara meminum air rebusannya.

6. Menurunkan Kolesterol

Naiknya kadar lemak jahat atau LDL di dalam darah memang dapat menimbulkan dampak fatal. Pasalnya, kolesterol tinggi akan memicu datangnya penyakit kronis seperti serangan jantung. Selain menjaga pola hidup sehat, Anda juga bisa menggunakan manfaat buah ciplukan yang mengandung zat asam guna menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

7. Mengobati Demam

Perubahan cuaca yang cukup ekstrem seringkali membuat seseorang terserang demam, khususnya pada anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih rentan. Tapi sekarang tidak perlu khawatir, karena demam ini dapat dicegah dan diusir dengan cara mudah. Cukup mengkonsumsi buah ciplukan secara berkala, maka akan menguatkan sistem antiboby pada tubuh.

8. Mengatasi Penyakit Kulit

Menderita penyakit kulit seperti kadas, kurap dan borok memang sangat tidak menyenangkan. Apalagi jika timbul di bagian tubuh yang terbuka. Tapi kini semua penyakit kulit tersebut dapat diberantas tuntas dengan memanfaatkan daun pohon ciplukan yang sudah ditumbuk halus. Tinggal oleskan saja di area kulit yang ditumbuhi penyakit secara teratur, sakit kulit akan hilang.

9. Mengobati Sariawan

Buah ciplukan kaya akan kandungan Vitamic C dan antioksidan yang bersifat menyembuhkan. Yang mana memiliki khasiat besar dalam mengobati sariawan di dalam mulut. Zat anti inflamasi di dalamnya berfungsi untuk meredakan radang, nyeri, dan mengeringkan luka yang timbul. Sehingga mengkonsumsi buah ciplukan secara teratur dapat membuat sariawan sembuh.

10. Meningkatkan Kecerdasan

Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah ciplukan memang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif solusi meningkatkan kecerdasan. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, bahwa asupan vitamin dan gizi yang terpenuhi dapat membantu menambah kinerja otak supaya lebih maksimal. Oleh sebab itu, buah ini juga cocok dikonsumsi anak-anak guna mendukung masa pertumbuhan.

11. Penangkal Radikal Bebas

Buah ciplukan memiliki kandungan Vitamin c dan antioksidan cukup tinggi yang berkhasiat sebagai penangkal radikal bebas. Sehingga aktivitas kuman, bakteri ataupun virus jahat yang ingin masuk ke dalam tubuh dapat dicegah. Seperti yang diketahui, bahwa radikal bebas ini akan menyerang sistem kekebalan tubuh yang kemudian membuat seseorang rawan terkena penyakit.

12. Mengatasi Nyeri Sendi

Apabila dibiarkan berlarut-larut, nyeri sendi dapat berakibat sangat fatal. Karena jika sudah parah maka rasa sakit dan keram dapat bertahan hingga beberapa waktu yang menyebabkan aktivitas terganggu. Salah satu metode tradisional untuk mengatasi nyeri di area sendi dan otot adalah dengan menggunakan daun ciplukan. Kandungan anti inflamasinya dapat meredakan radang sendi.

13. Mendukung Program Diet

Di samping menerapkan gaya hidup sehat dengan olahraga teratur dan pola makan seimbang. Memanfaatkan ciplukan untuk mendukung program diet ternyata terbukti cukup manjur. Buah ini mengandung suplai rendah kalori, dengan hitungan 53 kalori /100 gram. Sehingga tidak akan memengaruhi berat badan. Selain itu, aman dikonsumsi untuk penderita maag dan asam lambung.

14. Anti Aging

Semua wanita mendambakan awet muda, tidak jarang mengeluarkan uang dalam jumlah besar guna melakukan berbagai perawatan untuk menjaga keremajaan kulit. Padahal ada cara lebih efektif untuk mendapatkan hal tersebut, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah ciplukan. Kandungan Vitamin C dan antioksidan di dalamnya bisa membentuk kolagen alami.
Sehingga konsumsi secara taratur dapat menghindarkan kulit dari keriput atau penuaan dini. Manfaat buah ciplukan untuk mendukung kecantikan ini memang kalah tenar dengan khasiatnya dalam kesehatan. Tapi meskipun begitu, tidak dapat disepelekan karena mengkonsumsi buah ini dapat membuat kulit tampak lebih kencang dan cantik, tentunya juga tanpa efek samping negatif.

■ Sri Wigati / Sumber referensi: Andica Atut Pravita Sari 

0 Response to " Musim Buah Ciplukan, Ternyata Banyak Diburu Wanita yang Ingin Tampil Cantik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

| PENERBIT PT MERDEKA MULTI MEDIA | CREATIVE 3M Media