Terjadi 170 Gempa Susulan Pasca Gempa Donggala dan Palu


SUARAMERDEKA.co.id ■ Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sudah ada 170 gempa susulan terjadi pascagempa Donggala M 7,4 per 30/9/2018 pukul 00:00 WIB.

"Kondisi Kota Palu dan Donggala gelap gulita. Listrik masih padam dan BBM makin langka. Masyarakat banyak yang berada di luar rumah. Masih banyak bantuan yang diperlukan untuk korban gempa," demikian tulis Sutopo lewat akun Twitter pribadi, sesaat lalu, Minggu (30/9).

Selain memperbaharui informasi gempa susulan, Sutopo juga menjabarkan tentang kondisi terkini di Palu dan Donggala. Dia menyebut bahwa kondisi di dua wilayah itu dalam keadaan gelap gulita.

Sementara terkait munculnya lumpur dari permukaan tanah yang menyebabkan amblasnya bangunan dan pohon di Kabupaten Sigi dekat perbatasan Palu, dia menyebutkan bahwa hal tersebut akibat gempa 7,4 SR.

"Akibat gempa 7,4 SR adalah fenomena likuifaksi (liquefaction),  Likuifaksi adalah tanah berubah menjadi lumpur seperti cairan dan kehilangan kekuatan," imbuhnya.

 ■ Sri Wigati


0 Response to "Terjadi 170 Gempa Susulan Pasca Gempa Donggala dan Palu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

| PENERBIT PT MERDEKA MULTI MEDIA | CREATIVE 3M Media