Pasar legi Solo Terbakar, Ratusan Kios Ludes


BERITA JOGJA ■ Kebakaran hebat melanda Pasar Legi Solo, Jawa Tengah, Senin (29/10/2018). Kebakaran terjadi sekitar pukul 16.45 WIB itu membuat ratusan kios ludes terbakar.

Pasar Legi kota Solo yang merupakan salah satu pasar terbesar dengan jumlah pedagang ribuan orang. Musibah kebakaran yang melanda Pasar Legi berawal dari sisi utara timur yang merupakan lokasi perdagangan hasil bumi.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Pemkot Solo, dikerahkan untuk menjinakkan amukan api. Namun akibat tiupan angin kencang dan bangunan yang kering di puncak musim kemarau ini, pasukan pemadam kebakaran kesulitan mengendalikan kobaran api.

Nyala api dan asap pekat yang berasal dari bangunan pasar, awalnya hanya tampak dari sisi timur laut. Namun menjelang malam nyala api tampak merembet ke arah sisi selatan dan kepulan asap tebal membubung ke angkasa.

Puluhan orang pedagang yang kiosnya tidak jauh dari lokasi kebakaran tampak berusaha menyelamatkan barang dagangannya dengan bantuan warga yang memadati sekitar pasar. Kesibukan pedagang mengamankan dagangannya semakin meningkat karena sampai sekitar pukul 18.00 api belum dapat dikendalikan dan kebakaran makin meluas.

Seorang warga Kampung Pringgading, Budi Purnomo, yang menyaksikan kebakaran mengatakan, api tampak dari tempat tinggalnya di arah selatan pasar.

"Di selatan Pasar Legi yang ada pos Satpam terlihat api mula-mula. kecil. Dengan cepat api membesar dan sekarang kelihatan meluas," katanya kepada wartawan.

Salah seorang pedagang Pasar Legi, Sularso, menduga api berasal dari lantai dua yang merupakan tempat penjualan hasil bumi dan bahan pangan kering, seperti bawang, cabai, mie instan, kerupuk dan lain-lain. Para petugas dan warga sempat berupaya memadamkan api dengan alat pemadam api ringan dan guyuran air namun api terus membesar.

"Petugas dan warga kesulitan memadamkan api karena di lantai dua yang terbakar merupakan kios bahan kering," jelasnya.

Kepala Dinas Perdagangan Pemkot Solo di sela pemantuan kebakaran, menyatakan, sejumlah armada mobil pemadam kebakaran termasuk bantuan dari daerah lain dikerahkan untuk mengatasi meluasnya kebakaran. Dia belum dapat memastikan penyebab kebakaran dan asal api yang menimbulkan kebakaran hebat di pasar yang beroperasi selama 24 jam itu.

0 Response to "Pasar legi Solo Terbakar, Ratusan Kios Ludes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

| PENERBIT PT MERDEKA MULTI MEDIA | CREATIVE 3M Media