Tol Yogya - Bawen Lewat Borobudur Masuki Tahap Lelang - BERITAJOGJA.NET

Senin, 22 Oktober 2018

Tol Yogya - Bawen Lewat Borobudur Masuki Tahap Lelang

Tol Yogya - Bawen Lewat Borobudur Masuki Tahap Lelang


BERITAJOGJA.Net ■ Pemda DIY sudah menyepakati rencana pembangunan Jalan Tol YogyakartaBawen, bahkan saat ini sudah memasuki tahap lelang. Kepastian pembangunan tetap ada di Pemerintah Pusat, karena dari sisi prakarsa dan kewenangan bukan berada di Pemda DIY, tapi sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Pusat.

”Memang awalnya DIY sempat menolak, namun kemudian dilakukan komunikasi dan pendekatan. Bahkan sekarang sudah memasuki proses lelang,” kata Sekda DIY Gatot Saptadi di Kepatihan Yogyakarta.

Menurut Gatot, meski pembangunannya diharapkan bisa dimulai pada 2019, namun pelaksanaan pembangunannya baru bisa direalisasikan setelah ada kesepakatan bersama antara DIY dan Jawa Tengah. Sebab pembangunan Jalan Tol Yogya-Bawen ini tidak bisa dilakukan secara sepotong-sepotong.

”Karena Jalan Tol Yogya-Bawen merupakan salah satu dari Program Strategis Nasional, jadi tidak bisa dilakukan sepotong-sepotong. Untuk tol yang melewati wilayah DIY akan dibuat model elevated (melayang), sehingga seandainya ada pembebasan tanah tidak terlalu signifiikan,” jelas Gatot.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan, Tol Yogya-Bawen rencananya akan dibangun di sebelah Timur Sungai Krasak. Tetapi karena pertimbangan di wilayah tersebut rawan bencana Gunung Merapi dan banyak situs, akhirnya dipindahkan lewat Selatan (Borobudur).

Sehingga jalannya dari Bawen menuju Secang kemudian ke Borobudur baru ke Yogyakarta. Sesuai kesepakatan, untuk wilayah DIY jalur tol ini akan dibangun di atas Selokan Mataram secara melayang (elevated).

”Kalau untuk DIY sebenarnya sudah clear. Jadi soal adanya polemik (penolakan dari DPRD Jateng), sepenuhnya menjadi urusan internal Pemda Jateng. Memang kemarin sempat ketemu dengan Pak Ganjar, tapi saya tidak sampai bicara tentang masalah itu,” ungkap Sultan seperti disitat dari laman KRJogja.

Sultan membenarkan, pembangunan Tol Yogya-Bawen akan melewati sejumlah wilayah seperti Secang dan Borobudur di Magelang. Jadi bukan dari Bawen langsung menuju Yogyakarta. (KR)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2017 BERITAJOGJA.NET | All Right Reserved