2000 KUA Uji Coba Buku Nikah Berbasis Simkah


BERITA JOGJA ■ Kementerian Agama akan menguji coba Sistem informasi pernikahan berbasis website (Simkah Web) yang nantinya akan terintegrasi dengan kartu nikah yang telah diluncurkan Kementerian Agama pekan lalu.

Setidaknya ada dua ribu Kantor Urusan Agama (KUA) yang melakukan uji coba tersebut. "Kami telah melakukan uji coba sebelum peluncuran resmi. Hal ini untuk memastikan sistem yang dibuat dapat berjalan dengan baik serta meminimalisasi hambatan yang mungkin terjadi dalam penggunaan sistem ini," kata Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Mohsen dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, hari ini.

Dia mengatakan uji coba terutama dilakukan pada wilayah dengan jumlah peristiwa nikah cukup besar.

"Saat ini, sudah 49 persen dari total 5.945 KUA, siap mengimplementasikan Simkah web," katanya.

Mohsen menjelaskan, Simkah web merupakan bentuk inovasi pelayanan yang dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan dapat meningkatkan kinerja layanan KUA.

Dalam aplikasi Simkah web, terdapat tiga modul layanan yang dapat diperoleh masyarakat. Pertama, dengan mengakses http://simkah.kemenag.go.id/ masyarakat dapat melakukan pendaftaran nikah daring.

Kedua, kata dia, masyarakat dapat memberikan saran dan masukan terkait layanan KUA dengan mengisi survey kepuasan masyarakat daring.

"Survey kepuasan masyarakat ini penting untuk dilakukan. Dengan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat. Kami dapat terus melakukan perbaikan pelayanan di KUA," katanya.

Dan yang Ketiga, lanjutnya, masyarakat yang menikah setelah peluncuran Simkah web akan memperoleh kartu nikah berkode QR yang memuat data-data pernikahan pasangan. Pada tahap awal, kartu nikah akan diberikan kepada 500 ribu pasangan nikah yang ada di kota-kota besar di 34 provinsi. (Rls)

0 Response to "2000 KUA Uji Coba Buku Nikah Berbasis Simkah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

| PENERBIT PT MERDEKA MULTI MEDIA | CREATIVE 3M Media