Karyawati Perusahaan di China Wajib Lapor Kalau Mau Hamil


BERITAJOGJA.NET ■ Karyawan perempuan di sebuah perusahaan China diperintahkan untuk melakukan aborsi  atau berhadapan dengan hukuman jika mereka hamil tanpa persetujuan atasan. Perusahaan finansial di ibu kota provinsi Shijiazhuang itu  mengharuskan semua pekerja perempuan untuk mengajukan permohonan atau lapor setiap bulan Januari agar diizinkan untuk hamil jika memang berencana memiliki momongan.

Menurut laporan Worker’s Daily beberapa waktu lalu yang dikutip DailyMail, setiap staf yang  hamil tanpa izin harus memilih antara aborsi medis atau hukuman.

“Kebijakan kehamilan” bank yang tak disebutkan  namanya ini terungkap ketika salah satu staf perempuannya mendatangi  Pusat Layanan Karyawan Shijiazhuang pada pertengahan Oktober lalu.

Dia mengadu karena dirinya  ingin tetap mempertahankan kehamilan. Karyawati ini juga mengaku tidak menduga dirinya bakal hamil. Dia mengklaim  beberapa rekannya mendapat hukuman setelah  hamil dan menolak untuk menggugurkan bayi mereka. Meskipun artikel itu tidak menyebutkan secara spesifik apa hukuman yang diterapkan perusahaan, namun diperkirakan  pemotongan gaji hingga penurunan jabatan.

Undang-undang Perlindungan Hak-hak Perempuan Cina melindungi hak-hak reproduksi di bawah kebijakan keluarga berencana yang sekarang memungkinkan setiap pasangan memiliki dua anak. Intinya tidak ada pelaku bisnis yang bisa mengurangi gaji pekerja perempuan ataupun memecat karena  hamil.

Namun survei  Zhaopin.com, situs perekrutan top di Cina menunjukkan  33 persen perempuan  di Cina mengalami pemotongan gaji  setelah melahirkan dan 36 persen didemosi. Secara global, Proklamasi Teheran Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 1968 menegaskan hak reproduksi orangtua sebagai salah satu hak asasi manusia. Termasuk hak orangtua untuk menentukan secara bebas dan bertanggung jawab jumlah dan jarak anak-anak mereka. Mengenai kasus dimaksud, hingga kini belum ada detail kelanjutannya. (Sumber: DailyMail)




0 Response to "Karyawati Perusahaan di China Wajib Lapor Kalau Mau Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

| PENERBIT PT MERDEKA MULTI MEDIA | CREATIVE 3M Media