BBPOM Yogyakarta Temukan Makanan Berbahaya Beredar di Pasar Playen - BERITA JOGJA HARI INI

Kamis, 20 Desember 2018

BBPOM Yogyakarta Temukan Makanan Berbahaya Beredar di Pasar Playen

BBPOM Yogyakarta Temukan Makanan Berbahaya Beredar di Pasar Playen


BERITAJOGJA.NET ■ Petugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) DIY Yogyakarta menemukan sejumlah jenis makanan yang dinilai tidak layak konsumsi saat melakukan pemantauan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY di Pasar Playen, GUnungkidul, pada Kamis (20/12/2018).

Dari TKP dilaporkan BBPOM DIY menemukan tiga makanan yang mengandung Rhodamin B atau pewarna tekstil dan satu yang mengandung boraks, dari 12 sampel yang diambil.
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi, BBPOM DIY Diah Cahyonowati kepada awak media mengatakan Rhodamin B ditemukan pada makanan jenis kerupuk dan boraks pada bleng untuk pengembang makanan.

Terkait hal ini, Diah menghimbau agar kedepan produsen tidak mencampur produknya dengan pewarna tekstil karena dapat membahayakan kesehatan konsumennya. Produsen nakal biasanya mencampur pewarna makanan dengan pewarna tekstil.

“Ciri makanan yang mengandung Rodamin adalah bisa dilihat pada warnanya, kebanyakan pada makanan yang mengandung Rhodamin B, ada bercak-bercak warna, pewarnaannya tidak merata. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker,” katanya.

Guna mengantisipasi hal buruk tersebut pihaknya akan terus berkoordinasi lintas sektoral dan melakukan evaluasi guna meningkatkan kepedulian konsumen. Dengan konsumen yang cerdas akan dapat memilih dan memilah makanan yang sehat.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2017 BERITA JOGJA HARI INI | All Right Reserved