Jaring Wisatawan Berkantong Cekak, Pemkot Solo Tawarkan Paket Wisata Murah


BERITAJOGJA.NET ■ Pemerintah Kota Solo ikut masuk ke pemasaran destinasi wisata secara online lewat aplikasi "Solo Destination". Pada fitur "Trip Plan" di aplikasi tersebut, ditawarkan berbagai paket wisata, khususnya bagi wisatawan "berkantong cekak" berupa paket wisata seharga Rp 220.000-an.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Pemkot Solo, Kenthis Ratnawati, pada Selasa (18/12/2018) menuturkan, "Trip Plan" merupakan fitur baru yang digarap Diskominfo bersama Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solo, untuk memasarkan paket wisata sesuai budget para wisatawan.

“Aplikasi Solo Destination merupakan rumah besar yang menampung firut-fitur layanan Pemkot Solo, seperti e-pajak, e-retribusi, layanan Dispendukcapil dan sebagainya. Fitur Trip Plan merupakan fitur baru yang khusus promosi pariwasata untuk melayani wisatawan," ujarnya.

Aplikasi "Solo Destination", menurut Kenthis, bisa diunduh secara gratis melalui Play Store telepon seluler berbasis android.

Fitur Trip Plan bertujuan memudahkan para wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Solo untuk menentukan paket wisata, pilihan kuliner, pilihan kalender even dan lain-lain, dari yang berbiaya termurah Rp 220.000, sampai seharga jutaan rupiah.

"Jadi, Trip Plan dalam aplikasi Solo Destination merupakan etalase paket wisata yang terintegrasi dengan lokasi-lokasi kuliner di Kota Solo, dengan kalender even sepanjang tahun untuk memudahkan wisatawan menentukan pilihan saat berkunjung ke Solo," jelasnya.

Kepala Seksi (Kasi) Infrastruktur Diskominfo SP, Taufan Redina, menambahkan, sejak aplikasi "Solo Destination" diluncurkan empat tahun lalu sampai saat ini baru diunduh sekitar 21.000 orang. Hal itu disebabkan fitur-fiturnya masih berupa layanan masyarakat dan layanan pemerintah, sehingga pengunduhnya sebagian besar adalah warga Kota Solo.

Dia berharap, aplikasi "Solo Destination" diunduh lebih banyak orang, bukan hanya penduduk Kota Solo yang berjumlah 550.000-an jiwa. Tetapi juga semua orang yang memerlukan informasi obyek wisata sebelum mereka berkunjung ke Solo. (PR)

loading...

Belum ada Komentar untuk " Jaring Wisatawan Berkantong Cekak, Pemkot Solo Tawarkan Paket Wisata Murah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel