Libur Akhir Tahun 2018, Kota Yogyakarta Dikepung Kemacetan


BERITAJOGJA.NET ■ Libur akhir tahun 2018 ini bersamaan waktunya dengan liburan Natal dan liburan semester sekolah. Kunjungan wisatawan ke Yogyakarta pun 2018 meningkat signifikan. Banyak wisatawan yang sengaja menghabiskan liburan akhir tahunnya di Yogyakarta.

Hasil pantauan, sejak dua hari lalu beberapa destinasi wisata ramai dikunjungi wisatawan, seperti Kawasan Malioboro, destinasi wisata pantai juga animo pengunjungnya meningkat.

Di Gunungkidul sendiri, jumlah peningkatan kunjungan wisatawan mulai terjadi. Di sejumlah objek wisata seperti Gua Pindul dan juga sejumlah pantai mulai mengalami peningkatan kunjungan. Diperkirakan sekitar 35.000 wisatawan masuk Gunungkidul, dan pantai masih menjadi destinasi wisata favorit.

Untuk itu berbagai persipan pun dilakukan untuk menyambut puncak kunjungan wisata pada akhir Desember mendatang.

Lalu lintas padat tampak di  kawasan Pantai Wedi Ombo sejak dua hari terakhir. Menurut rencana, Dispar DIY bekerjasama dengan Dispar Gunungkidul akan melaksanakan kegiatan festival selancar, lomba fotografi, kampanye minum kopi gratis dan pertunjukan musik, serta pesta kembang api pada malam pergantian tahun.

Dalam suasana liburan seperti ini, beberapa titik di kota Yogyakarta memang berdampak macet. Terutama kawasan di sepanjang destinasi tujuan wisata. Seperti terlihat di Kawasan Malioboro, menjelang siang sampai malam hari, selalu macet sejak dua hari terakhir ini. Pemandangan kemacetan nyaris mengepung kota budaya dan pendidikan ini.

Pemerintah Daerah DIY, melalui Dinas Perhubungan, mengaku kesulitan mengendalikan kemacetan di Malioboro dan sekitarnya. Bus-bus yang kerap parkir di pinggir jalan diduga sebagai penyebab utama kepadatan, dengan ditambah tujuan utama wisatawan memang sebagian besar tertuju pada ikon Kota Jogja tersebut.

Rekayasa lalu lintas yang diterapkan memang tidak benar-benar efektif. Karena bagaimanapun kepadatan tidak bisa terhindarkan mengingat banyaknya volume kendaraan yang masuk ke DIY.

loading...

Belum ada Komentar untuk "Libur Akhir Tahun 2018, Kota Yogyakarta Dikepung Kemacetan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel