BPN Prabowo Cium Aroma Politis Atas Bebasnya Ustadz Ba’asyir - BERITA JOGJA HARI INI

Sabtu, 19 Januari 2019

BPN Prabowo Cium Aroma Politis Atas Bebasnya Ustadz Ba’asyir

BPN Prabowo Cium Aroma Politis Atas Bebasnya Ustadz Ba’asyir


BERITAJOGJA.NET ■ Juru Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak bersyukur atas pembebasan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir oleh Presiden Jokowi. Kendati demikian ia mencium ada unsur politis dalam keputusan tersebut.

Dahnil menyayangkan mengapa pemerintah Jokowi baru saat ini melakukan upaya pembebasan Abu Bakar Ba'asyir di saat menjelang Pemilu 2019.

"Justru kami sayangkan beberapa tahun lalu pengacara bahkan unsur Komnas HAM mengajukan permintaan pembebasan karena alasan kemanusiaan, namun tidak dikabulkan oleh pemerintahan Pak Jokowi," kata mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini sebagaimana dirilis Antara.

Mengenai ada unsur politis dalam upaya pembebasan Abu Bakar Ba'asyir, tambah Dahnil, tentu ada unsur politisnya setelah sekian lama isu terorisme selalu dialamatkan kepada Islam.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut pembebasan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir dilakukan demi alasan dan atas dasar pertimbangan kemanusiaan.

"Ya yang pertama memang alasan kemanusiaan. Artinya beliau kan sudah sepuh, ya pertimbangannya kemanusiaan," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah meninjau Rusun Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah di Desa Nglampangsari, Cilawu, Garut, Jumat.

Presiden yang menugaskan kuasa hukumnya Yusril Ihza Mahendra untuk mengupayakan pembebasan Ba'asyir membenarkan bahwa kondisi kesehatan Ba'asyir yang menurun menjadi pertimbangan utama.

Meski begitu, ia menegaskan ada banyak pertimbangan lain yang diperhatikan.

Sumber : Antara

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 BERITA JOGJA HARI INI | All Right Reserved