Bupati Majalengka Launching Program Puskesmas Nganjang Ka Imah - BERITAJOGJA.NET

Kamis, 31 Januari 2019

Bupati Majalengka Launching Program Puskesmas Nganjang Ka Imah

  Bupati Majalengka Launching Program Puskesmas Nganjang Ka Imah


BERITAJOGJA.NET ■ Dalam rangka merealisasikan Pembangunan Bidang Kesehatan, Pemerintah daerah (Pemda) Majalengka meluncurkan program Puskesmas Nganjang Ka Imah yakni Puskesmas berkunjung ke rumah warga atau pasien.

Bupati Majalengka H Karna Sobahi menyebutkan, beberap hal terkait pembangunan Bidang Kesehatan yang sekarang tengah di programkan di Kabupaten Majalengka.

Salah satu yang menjadi fokus pembangunan yaitu mengupayakan masyarakat untuk mengerti akan pentingnya pola hidup sehat, karena hal ini adalah upaya promotif prepentif disamping upaya untuk memenuhi hak masyarakat akan pelayanan kesehatan yang maksimal.

“Pelayanan kesehatan secara maksimal adalah tugas utama dari seorang petugas kesehatan dan semua pihak yang berada dalam ruang lingkup kesehatan, bahkan Puskesmas – puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Majalengka masing – masing telah memiliki tenaga dokter yang setiap saat bisa melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” paparnya saat meresmikan program Puskesmas nganjang ka imah, Rabu (30/1/2019) di Puskesmas Cigasong Kabupaten Majalengka.

Disamping itu, menurut Karna setiap Puskesmas diwajibkan untuk melakukan upaya jemput bola beberapa kali dalam sebulan dalam program Puskesmas nganjang ka imah.

“Kami punya program yang namanya Puskesmas nganjang ka imah, yaitu petugas di tiap Puskesmas kami arahkan untuk mengunjungi rumah warga di wilayah Puskesmas tersebut untuk melakukan pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Menurutnya, Puskesmas nganjang ka imah merupakan perwujudan  dari pelayanan kesehatan gratis berkualitas dan tuntas, adapun tahapan dari puskesmas nganjang ka imah diantaranya petugas puskemas berkunjung ke rumah warga memeriksa kesehatan fisik dan inspesksi terhadap keluarga sasaran memberikan penyuluhan kesehatan kemudian menganalisis hasil kunjungan mengkategorikan keluarga sehat kemudian diadakan kunjungan lanjutan.

Diakui Karna, launching Program Puskesmas nganjang ka imah juga merupakan salah satu dari program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati.

” Program ini bisa terus diawasi, karena ini merupakan prioritas penting untuk menciptakan keluarga sehat di Kabupaten Majalengka,” pungkasnya. 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2017 BERITAJOGJA.NET | All Right Reserved