Sebaran Pemilih Milenial di Pedesaan Capai 73 Persen, Prabowo Sandi Jadi Idola - BERITAJOGJA.NET

Minggu, 20 Januari 2019

Sebaran Pemilih Milenial di Pedesaan Capai 73 Persen, Prabowo Sandi Jadi Idola

  Sebaran Pemilih Milenial di Pedesaan Capai 73 Persen, Prabowo Sandi Jadi Idola


BERITAJOGJA.NET ■ Hicon Law and Policy Strategic menyebut persentase pemilih milenial dalam pemilu 2019 cukup tinggi yaitu 31,29%. Hicon menemukan data kuantitatif dari sebaran pemilih milenial di perkotaan dan pedesaan.

“Hicon mengindikasikan milenial dengan indikasi umur sesuai dengan CSIS yaitu umur 17-30 tahun untuk menyebut Milenial,” kata Puguh Windrawan Kepala Departemen Politik di Silol Kopi and Eatery, Jogja, pada Selasa (15/1/2019).

Puguh menyatakan hasil riset yang dilakukan, menyebutkan jika pemilih milenial di pedesaan lebih tinggi dari milenial di perkotaan. Data 31,29% itu ternyata hasilnya pemilih milenial di pedesaan lebih dari 50%.

“Sebaran pemilih milenial di pedesaan mencapai 73,53%. Harusnya ini yang menjadi perhatian tim pemenangan dua Capres dan Cawapres,” imbuhnya.

Dia menambahkan, bahwa fakta ini seharusnya menjadi perhatian tim pemenangan masing-masing Capres dan Cawapres. Sementara, milenial di pedesaan sangat dekat politik kekerabatan.

“Mereka sangat dekat dengan politik kekerabatan, identitas. Misal ketuanya atau kiainya milih A maka akan mengikuti juga,” terangnya.

Prabowo Sandi Idola

Sepakat dengan Hicon, Direktur Inapro Communication Rahmat Wiguna menyebutkan hasil survey litbang Inc justru potensi pemilih milenial di pedesaan akan menjadi salah satu penentu dari pasangan Capres dan Cawapres.

"Selain itu, kami mencatat ada 5.035.887 orang pemilih pemula pada Pemilu 2019 nanti. Data ini masuk dalam Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4)," katanya, Sabtu (19/1).

Dalam DP4 tersebut, imbuh Rahmat, terdapat pemilih pemula yang akan berusia 17 tahun -- sampai dengan 17 April 2019 sebanyak 5.035.887 jiwa. Data ini nyaris sama yang dirilis oleh Disdukcapil.

BACA JUGA: Mengapa Sulit Melupakan Mantan Pacar, Istri atau Suami? 

Sebaran pemilih milenial yang baru tumbuh tersebut, nyaris sebangun dengan data pemilih pemula. "Yang unik, para generasi milenial ini memiliki tingkat kecenderungan dengan arus perubahan, karena itu positioning pasangan Capres dan Cawapres Prabowo Sandi yang melekat pada perubahan serta jati diri kaum milenial sangat diuntungkan," ujarnya.

Meski sifatnya belum tetap, lanjut Rahmat, gencarnya Sandi merangkul kalangan muda dalam tiap kunjungannya di daerah-daerah menjadikan figur Prabowo Sandi tetap idola. Sementara pasangan Jokowi -- Ma'ruf Amien dinilai belum maksimal menggarap potensi pemilih milenial di pedesaan.

Rahmat berharap, tim pemenangan masing-masing Capres dan Cawapres sudah seharusnya menggarap ceruk jumlah pemilih milenial agar lebih serius. (Rls/B-05)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2017 BERITAJOGJA.NET | All Right Reserved