7 Maret 2019, Internet di Bali Dimatikan Saat Nyepi - BERITAJOGJA.NET

Kamis, 21 Februari 2019

7 Maret 2019, Internet di Bali Dimatikan Saat Nyepi

7 Maret 2019, Internet di Bali Dimatikan Saat Nyepi


BERITAJOGJA.NET ■ Pada Nyepi kali ini yang akan jatuh pada tanggal 7 Maret mendatang, dipastikan tanpa jaringan internet. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD Bali Ketut Tama Tenaya.

Dari hasil kunjungannya Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI di Jakarta, Komisi I DPRD Bali didampingi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali, Dinas Kominfo Bali telah menyerahkan Nota Kesepahaman dan Kesepakatan berkaitan dengan perayaan Nyepi di Bali.

“KPID Bali dan Kadis Kominfo Bali mendampingi Komisi I DPRD Bali menyampaikan Nota Kesepakatan untuk penghentian penyiaran televisi, radio, dan internet dalam rangka Nyepi,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon.

Pada saat Nyepi, terang Tama Tenaya, jaringan internet akan dimatikan. Nantinya, penonaktivan jaringan internet terhitung dari tanggal 7 Maret Pukul 06.00 wita hingga tanggal 8 Maret Pukul 06.00 wita. Namun, beberapa tempat vital seperti rumah sakit, kantor kepolisian, Bandara akan tetap aktiv koneksi internetnya.

“Dimatikan itu (internet) kecuali tempat-tempat vital. Kalau telpon tetap hidup, khususnya internet yang berhubungan dengan hiburan,” terang dia.

Menurutnya, ada empat hal yang dilarang saat Nyepi. Diantaranya, tak boleh menyalakan api (Amati Geni), tak boleh kerja (Amati Karya), tak boleh bepergian (Amati Lelungan), dan tak boleh bersenang-senang (Amati Lelanguan). Pihaknya juga telah menggandeng provinsi lain seperti Balmon Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk penghentian siaran televisi maupun radio.

“NTB danJawa Timur untuk mengurangi daya pancar siarannya saja, supaya televisi dan radio tidak sampai ke Bali,” tandasnya.

Sejatinya, usulan untuk penghentian siaran televisi, radio, serta internet sudah dilakukan sejak Nyepi tahun lalu. Hanya saja, belum mencakup internet. Untuk tahun ini, untuk meningkatkan kualitas, jaringan internet juga akan di non aktifkan.

“Untuk mempertegas akan ada surat edaran dari Kementrian Kominfo RI ke semua provider yang ada di Bali,” pungkasnya. [balikini]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2017 BERITAJOGJA.NET | All Right Reserved