Rizal Ramli: Indonesia Ini Semua Punya, Bukan Malah Impor - BERITAJOGJA.NET

Jumat, 08 Februari 2019

Rizal Ramli: Indonesia Ini Semua Punya, Bukan Malah Impor

Rizal Ramli: Indonesia Ini Semua Punya, Bukan Malah Impor


BERITAJOGJA.NET ■ Pakar ekonomi senior, Rizal Ramli belum menentukan pilihannya terkait calon presiden (Capres) di pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Namun di balik pernyataannya tidak mendukung siapapun, mantan menteri koordinator bidang kemaritiman tersebut mengkritisi kebijakan presiden Joko Widodo terkait impor sejumlah komoditas.

"Terlalu cepat kalau saya memutuskan dukungan kepada siapa calon presidennya," kata Rizal Ramli saat ditemui disalah satu rumah makan di jalan Malabar, Kamis (7/2/2019) malam.

Dikatakan Rizal, sebetulnya kedua calon presiden baik Joko Widodo atau Prabowo Subianto dua bulan menuju pencoblosan belum menawarkan menu pembangunan ekonomi spesial, kata dia masih terkesan biasa-biasa saja.

"Menu bagus itu diantaranya calon presiden harus bisa menawarkan pertumbuhan ekonomi sebesar delapan persen, kalau tawarannya lima persen itu sangat standar," ucapnya.

Lebih lanjut Rizal menjelaskan, saat ini pemerintah sudah tidak bisa mengendalikan impor mulai dari beras dan sejumlah komoditas lainnya, sehingga komoditas yang di miliki oleh terbuang karena harga anjlok akibat impor itu.

"Indonesia ini semua punya, bukan malah impor yang dampaknya memperkaya negara lain seperti Thailand dan Vietnam," ucap dia, seperti dirilis Galamedia.com

Sementara itu terkait calon presiden nomor urut 02 Rizal mengaku, sudah berdomisili secara langsung dan mempertanyakan soal kartel yang menguasai impor sejumlah komoditas di Indonesia.

"Kalau mas Prabowo ketika saya tanya soal kartel beliau sudah jawab dan akan membela petani di Indonesia karena beliau juga merupakan ketua umum HKTI," ucapnya.

Sementara presiden Joko Widodo ketika di tanya soal yang sama Rizal mengatakan, belum menjawab hingga saat ini.

Rizal kembali menegaskan, untuk pilihannya dalam pilpres 2019 dirinya masih melihat dan mengamati, "Saya akan pilih ketika salah satu calon presiden menawarkan menu untuk kemajuan ekonomi yang spesial," tutur Rizal.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2017 BERITAJOGJA.NET | All Right Reserved