Gandeng Komunitas Salatiga Peduli, Yonif MR 411 Kostrad Lakukan Penghijauan - BERITA JOGJA Gandeng Komunitas Salatiga Peduli, Yonif MR 411 Kostrad Lakukan Penghijauan - BERITA JOGJA

Rabu, 06 Maret 2019

Gandeng Komunitas Salatiga Peduli, Yonif MR 411 Kostrad Lakukan Penghijauan

 Gandeng Komunitas Salatiga Peduli, Yonif MR 411 Kostrad Lakukan Penghijauan


BERITAJOGJA.NET ■ Dalam rangka memperingati HUT ke-58 Kostrad serta sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad bersama-sama dengan Korem 073/Makutarama Salatiga, karyawan hotel Laras Asri, Komunitas Salatiga Peduli (KSP) menyelenggarakan gerakan penghijauan yang bertajuk “Tanam Lagi, Lagi Dan Lagi”. Penanaman pohon yang dilakukan di Taman Nasional Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Pulihan, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, kemarin.

Dalam kegiatan ini Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad bekerjasama dengan Komunitas Salatiga Peduli (KSP) ditanam 3.000 bibit pohon yakni cemara gunung, puspa, dadap, gayam, manis jangan, prih, beringin dan salam dengan tujuan penghijauan lingkungan yang puluhan hektare lahannya sempat dilalap api beberapa waktu lalu.

Sebanyak 850 orang terlibat dalam kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini, sebagian besar berasal dari para pendaki dan pecinta alam dari wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Sementara itu, Ketua Harian Salatiga Peduli, Erick Setya Darmawan mengatakan penanaman pohon itu dipusatkan di daerah yang pada musim kemarau lalu terkena musibah kebakaran hutan.

“Ini adalah bentuk komitmen kami terhadap lingkungan guna penghijauan sebagai usaha dalam menjaga debit air di Salatiga melalui konservasi. Ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada bapak-bapak TNI dari Yonif Mekanis Raider 411 yang sudah membantu kami dalam melaksanakan kegiatan tahunan ini. Semoga kedepan semakin rutin mengadakan kegiatan sosial lain nya bersama," ujar Erick.

Sementara itu Danyonif Mekanis Raider 411 Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han. mengatakan, Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu bagaikan paru-paru untuk Pulau Jawa. Berada tepat di tengah Pulau Jawa, kawasan tersebut memiliki peranan penting sebagai suplai oksigen sekaligus menjadi ekosistem penting bagi beragam organisme yang hidup disana.

“Kami berharap dalam rangka ke-58 HUT Kostrad ini, melalui aksi penghijauan bersama prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad mampu mendukung keseimbangan area hijau yang menghasilkan udara bersih dan sehat. Bagi kami, hijau di bumi untuk langit yang biru harus selalu menjadi tujuan sebagai bentuk kearifan bangsa kita dalam melestarikan lingkungan,” Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos.

■ Rasyid/Penkostrad

loading...

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 BERITA JOGJA | All Right Reserved