Melihat Replika Candi Borobudur di Taman Nusa Gianyar Bali - BERITA JOGJA Melihat Replika Candi Borobudur di Taman Nusa Gianyar Bali - BERITA JOGJA

Sabtu, 16 Maret 2019

Melihat Replika Candi Borobudur di Taman Nusa Gianyar Bali

Melihat Replika Candi Borobudur di Taman Nusa Gianyar Bali


BERITAJOGJA.NET ■ Kehidupan terus berlangsung sebagaimana air terus mengalir  mencari bentuk dan hukum alam. Ketika manusia sudah mengenal tulisan dan menghayati teknologi tradisional, kepandaian manusia pun berkembang dan berubah menuju peradaban yang semakin sempurna.

Bukti-bukti sejarah itu banyak terbentang dan ditemukan di tanah Jawa dalam bentuk prasasti, tugu, candi dan dokumen-dokumen tua. Salah satu yang terbesar adalah Candi Borobudur.

Sekarang anda sedang melihat replika  dari Candi yang merupakan salah satu keajaiban dunia, yang ada di Kabupaten Magelang, sekitar 30 Km dari Yogyakarta namanya Candi Borobudur.

Candi Borobudur didirikan oleh Wangsa Syailendra yang bernama Prabu Samaratungga pada abad ke – 9 dan berasal dari Kerajaan Mataram Medang Kamulan. Arsiteknya bernama Rsi Gunadharma dan Rsi Kumaragosa. Pembangunan wihara Budha terbesar di dunia ini diteruskan oleh puteri Samaratungga yang bernama Sri Kahulunan Dyah Pramodawardhani.

Borobudur yang nama aslinya Bhumi Shambara Budhara ini berbentuk punden berundak, dengan tingkatan-tingkatan antara lain: Karmawibangga, Kamadatu, Rupadatu, Arupadatu dan Bodisatwa. Lukisan yang terpampang di tembok candi merupakan kisah sejarah perjalanan Sidharta Gautama (Sang Budha) yang harus dibaca mengikuti arah jam terbalik.

Replika Borobudur yang dimiliki oleh Taman Nusa berasal dibuat dari batu-batu asli Gunung Merapi dan dikerjakan oleh seniman-seniman pahat dari sekitar Candi Borobudur dan Muntilan. Jika anda berada di sekitar replika candi ini sambil berfoto-foto, orang akan mengira anda benar-benar berada di Candi Borobudur yang sebenarnya ada di Magelang tersebut.

Jadi tunggu apalagi? Yuk belajar dan kenali kekayaan budaya Indonesia sambil menikmati keindahan alam Bali di Taman Nusa.

■ Made Asnawa

loading...

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 BERITA JOGJA | All Right Reserved