Pemkab Gunung Kidul Jadikan Wayang Kulit Sebagai Media Penyampaian Pesan Pembangunan - BERITA JOGJA HARI INI

Selasa, 26 Maret 2019

Pemkab Gunung Kidul Jadikan Wayang Kulit Sebagai Media Penyampaian Pesan Pembangunan

Pemkab Gunung Kidul Jadikan Wayang Kulit Sebagai Media Penyampaian Pesan Pembangunan

Pemkab Gunung Kidul Jadikan Wayang Kulit Sebagai Media Penyampaian Pesan Pembangunan

BERITAJOGJA.NET ■ Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul Kelik Yuniantoro mengatakan, pertunjukan rakyat (Pertunra) selain bersifat menghibur, ternyata dapat digu8nakan sebagai sarana menyampaikan pesan pembangunan, baik dalam suasana santai maupun menyenangkan guna menarik perhatian masyarakat.

Oleh karena itu, katanya, Pemkab Gunung Kidul menyuguhkan gelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Warseno Slenk dari Jawa Tengah. Diharapkan melalui pagelaran pertunjukan rakyat itu, selain berupa hiburan juga dimaksudkan sebagai upaya untuk melestarikan kesenian tradisional yang saat ini eksistensinya mulai tergerus oleh media massa modern dan media baru.

Kelik menilai, kekuatan media tradisional sebagai media penyebaran informasi terletak pada unsur cerita dan dialog yang pesannya disampaikan secara luwes, fleksibel sesuai dengan budaya lokal masyarakat.

“Pertunra memiliki sentuhan yang berdimensi personal dan budaya sehingga tercipta komunikasi yang efektif dan persuasif serta mudah diterima oleh masyarakat," katanya.

Hal itu disampaikan Kelik, menanggapi pagelaran wayang kulit pada Sabtu (23/3) di Pendopo Kecamatan Ngawen.

Sebelumnya, pertunjukan Rakyat (Pertunra) telah menjadi salah satu program pemerintah pusat (Kominfo RI) sebagai sarana sosialisasi kebijakan.

■ Rasyid/kominfo

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 BERITA JOGJA HARI INI | All Right Reserved