50 Prajurit Kostrad Bantu Rumah Warga di Singosari yang Roboh - BERITA JOGJA 50 Prajurit Kostrad Bantu Rumah Warga di Singosari yang Roboh - BERITA JOGJA

Senin, 15 April 2019

50 Prajurit Kostrad Bantu Rumah Warga di Singosari yang Roboh

50 Prajurit Kostrad Bantu Rumah Warga di Singosari yang Roboh

50 Prajurit Kostrad Bantu Rumah Warga di Singosari yang Roboh

BeritaJogja.Net ■ Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 1 Roket Kostrad mengerahan 50 Prajurit untuk membantu rumah warga yang roboh di Singosari. Musibah tersebut terjadi pada hari Selasa tanggal 9 April 2019 lalu.

Komandan Batalyon Armed 1 Kostrad Mayor Arm Lukas Meinardo Sormin mengatakan pengerahan anggota Yonarmed 1 Kostrad ini sebagai bentuk  pertolongan pertama atau pendahuluan dalam membantu korban.

“50 orang personel kami kerahkan untuk membantu  mengevakuasi materiil dan pembersihan reruntuhan rumah saudara Siswanto (65) yang merupakan pensiunan DLLAJ, akibat reruntuhan yang masuk ke dalam sungai, maka dampak yang akan ditimbulkan akan terjadi banjir jika tidak dibersihkan di tengah cuaca musim hujan saat ini,” ujar Mayor Arm Lukas Meinardo Sormin.

Sementara dalam peristiwa bencana longsor disertai robohnya rumah warga  yang terjadi di Kelurahan Losari, Kecamatan Singosari tersebut tidak terdapat korban jiwa dan hanya mengalami kerugian materiil. Akibat ambruknya rumah tersebut, 5 kepala keluarga yang terdiri dari 15 jiwa terpaksa diungsikan ke rumah tetangga.

Kronologi kejadian sendiri bermula pada pukul 04.30 WIB, korban merasakan dinding bergetar, kemudian penghuni dihimbau untuk keluar rumah dan meninggalkan rumah menuju ke tempat yang aman.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, tiba-tiba rumah langsung roboh dan korban seketika itu langsung melaporkan kejadian ke perangkat kelurahan yang kemudian diteruskan ke Yonarmed 1 Kostrad.

Kemudian dari pihak Yonarmed 1 Kostrad telah menyiapkan dan menyiagakan personel siaga dalam rangka penanggulangan bencana alam di wilayah Malang dan sekitarnya.

Selain menyiagakan pasukan, Danyonarmed 1 Kostrad juga meninjau lokasi dan melakukan koordinasi dengan petugas gabungan serta bersama warga, yang kemudian dilanjutkan pembersihan materiil. Setelah mendapati laporan dari warga, personel Yonarmed 1 Kostrad langsung menuju ke lokasi, membuat laporan dan melakukan koordinasi kepada warga maupun tim gabungan terkait tindakan lebih lanjut.

Adapun dalam kegiatan dalam rangka membantu korban rumah roboh melibatkan Koramil Singosari, Staf Kelurahan Singosari dan masyarakat sekitar wilayah Losari dan sekitarnya.

Dalam pelaksanaan perbantuan korban rumah roboh tersebut terjadi suatu komunikasi dan koordinasi yang baik antara TNI, aparatur pemerintahan dengan masyarakat Kelurahan Losari, kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Banyak masyarakat yang antusias berbondong-bondong ikut serta dalam rangka membantu evakuasi korban dan materiil serta adanya bantuan dari PMI dan Puskesmas Singosari berupa obat-obatan dan masker.

“Anggota Yonarmed 1 Kostrad merupakan bagian dari masyarakat Singosari Malang, sehingga merupakan kewajiban kami untuk membantu setiap kesulitan masyarakat Singosari Malang baik diminta maupun tidak diminta,” lanjut Mayor Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P., M.I.Pol.

■ Rasyid/Penkostrad

loading...

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 BERITA JOGJA | All Right Reserved