Bawaslu: Penggelembungan Suara Pasti Kena Sanksi - BERITA JOGJA Bawaslu: Penggelembungan Suara Pasti Kena Sanksi - BERITA JOGJA

Minggu, 28 April 2019

Bawaslu: Penggelembungan Suara Pasti Kena Sanksi

 Bawaslu: Penggelembungan Suara Pasti Kena Sanksi

 Bawaslu: Penggelembungan Suara Pasti Kena Sanksi


BeritaJogja.Net ■ Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat akan memberi sanksi kepada pelanggar pemilu yang berkaitan dengan indikasi penggelembungan suara.

Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah memastikan jika laporan terbukti curang dengan modus penggelembungan suara, sanksi pertama adalah sanksi administrasi.

Abdullah melanjutkan, terkait penggelembungan suara pihaknya juga memiliki data C1 sebagai pembanding jika terjadi penggelembungan suara.

"Karena kami juga memiliki fungsi yang melekat dari mulai TPS hingga pleno KPU," kata Abdullah, Minggu (28/4/2019).

Kemudian tahapan lebih lanjut Abdullah menuturkan jika memang terbukti melakukan kecurangan maka akan di sanksi pidana. Sanksi ini bisa diberikan kepada penyelenggara dan juga peserta pemilu.

"Jadi nanti kita proses ada indikasi pidana kita limpahkan ke kepolisian, selanjutnya setelah inkrah proses hukum, maka KPU berhak menggagalkan caleg tersebut," katanya. 

Namun kendati demikian, Bawaslu Jawa Barat belum melihat adanya kecurangan yang hingga sanksi pidana pemilu. Saat ini ini baru pada sanksi administrasi.

"Salah satunya yang sudah kami terima laporan itu dari kabupaten Garut dan sekarang dalam proses. Sesuai dengan peraturan uu pemilu, di penyelenggarakan juga ada apabila ada, terbukti, ada upaya manipulasi," tuturnya.

Sebelumnya, Bawaslu Jabar mencatat terjadi tiga kasus dugaan di pengelembungan suara di Kabupaten Garut, baik untuk Pilpres maupun Pileg 2019.

Ada tiga laporan yang masuk terkait dugaan penggelembungan suara dan saat ini pun sedang berproses.(GM)



loading...

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 BERITA JOGJA | All Right Reserved