Haedar Nashir: Perguruan Tinggi Muhammadiyah Harus Siap Hadapi Tantangan Revolusi 4.0 - BERITA JOGJA HARI INI

Sabtu, 13 April 2019

Haedar Nashir: Perguruan Tinggi Muhammadiyah Harus Siap Hadapi Tantangan Revolusi 4.0

Haedar Nashir: Perguruan Tinggi Muhammadiyah Harus Siap Hadapi Tantangan Revolusi 4.0

Haedar Nashir: Perguruan Tinggi Muhammadiyah Harus Siap Hadapi Tantangan Revolusi 4.0

BERITAJOGJA.NET ■ Ketua PP Muhammadiyah Dr KH Haedar Nashir mengatakan peran perguruan tinggi Muhammadiyah perlu menjadi perspektif setiap pimpinan guna mengembangkan kampus ini ada tiga fungsi strategis.

"Jadikan kampus dan perguruan tinggi Muhammadiyah pada umumnya sebagai Center Of Excellence menjadi Uswah Hasanah, pusat keunggulan kampus di manapun," katanya saat menghadiri pelantikan Dr Anjar Nugroho sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), untuk periode 2019 – 2023, Sabtu (13/4/2019).

Lebih lanjut, Haedar menjelaskan perguruan tinggi Muhammadiyah akan berfastabiqul khairat di tengah perubahan zaman dan dan harus siap menghadapi tantangan revolusi 4.0.

“Kampus - kampus kita harus punya standar keunggulan di atas rata-rata, baik itu keunggulan akademik, pengabdian pada masyarakat, bahkan juga Tri Dharma yang tepat untuk peran-peran kemanusiaan,” katanya.

Pelantikan digelar di Aula AK Anshori, UMP, juga dihadiri sejumlah pejabat Forkompimda Banyumas. Rektor UMP Dr Anjar Nugroho, mengucapkan terima kasih, atas kehadiran Ketua Umum PP Muhammadiyah, Bapak Dr. KH Haedar Nashir.

“Pada hari ini kami dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto periode 2019-2023, yang merupakan Rektor ke 7 dalam sejarah UMP,” kata Rektor kepada awak media, Sabtu (13/4/2019)

Menurutnya, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap UMP kini semakin hari semakin tinggi, dibuktikan dengan trend penerimaan mahasiswa baru yang setiap tahun meningkat.

“Jumlah total mahasiswa UMP hampir 13 ribu. Akreditasi institusi B, secara keseluruhan akreditasi prodi adalah B dan A. Berdasar Unirank, rangking UMP di level nasional adalah 40 dari total PTN/PTS se-Indonesia yang berjumlah sekitar 4400,” ungkapnya.

Anjar Nugroho menambahkan untuk meningkatkan kulalitas UMP diperlukan akselerasi, diantaranya akselerasi akreditasi. “Paling tidak dalam 4 tahun mendatang, prodi yang terakreditasi A (unggul) minimal berjumlah 50%. Sekaligus kami juga ingin mencapai akreditasi perguruan tinggi (APT) dengan nilai A,” ungkapnya.

■ Dea H Putri

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 BERITA JOGJA HARI INI | All Right Reserved