Langgar Jam Buka Selama Ramadhan, Pemkot Solo Ancam akan Cabut Izin Usaha THM - BERITA JOGJA Langgar Jam Buka Selama Ramadhan, Pemkot Solo Ancam akan Cabut Izin Usaha THM - BERITA JOGJA

Senin, 29 April 2019

Langgar Jam Buka Selama Ramadhan, Pemkot Solo Ancam akan Cabut Izin Usaha THM

Langgar Jam Buka Selama Ramadhan, Pemkot Solo Ancam akan Cabut Izin Usaha THM

Langgar Jam Buka Selama Ramadhan, Pemkot Solo Ancam akan Cabut Izin Usaha THM

BeritaJogja.Net ■ Jelang bulan Ramadhan 1440 H, Dinas Pariwisata (Diparta) Pemkot Solo tidak ingin kecolongan terjadinya aksi sweeping yang dilakukan organisasi kemasyarakatan  (Ormas) terhadap tempat-tempat hiburan malam (THM) yang beroperasi disaat umat Islam berpuasa.

Dalam mencegah upaya tersebut, Diparta Pemkot Solo melakukan sosialisasi tentang ketentuan operasional usaha pariwisata di bulan Ramadhan 1440.

"Sosialisasi tentang ketentuan operasional tempat hiburan malam dan rumah makan, kami lakukan dengan menyurati para pengusaha hiburan dan rumah makan agar pada awal puasa dan akhir puasa menjelang Idul Fitri tidak beroperasi," kata Kabid Destinasi dan Pengembangan Industri Pariwisata, Diparta, Suwoto, kepada wartawan, Senin (29/4/2019).

Larangan itu, lanjut Suwoto, berdasarkan pengumuman Wali Kota Solo Nomor 556.1/956 yang mengacu Perda No 5/2017 tentang penyelenggaraan usaha pariwisata.

Sebelumnya, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo pada tanggal 8 April 2019 lalu menandatangani keputusan perihal usaha pariwisata yang terkena aturan tersebut meliputi usaha jasa makanan dan minuman dengan live musik, tempat hiburan klub malam, diskotik, pub, rumah pijat, karaoke dan sebagainya.

Selain itu, tempat hiburan yang jam operasionalnya dibatasi dari pukul 21.00 sampai 01.00, juga tercantum larangan menjajakan diri atau kegiatan seks di sepanjang jalan umum.

Suwoto menegaskan, pihaknya tak akan mentolerir tindakan melawan hukum selama bulan Ramadhan, karenanya akan memantau langsung seluruh usaha jasa wisata sedikitnya 10 kali.

Apabila dalam pemantauan yang melibatkan unsur Kemenag, Satpol PP dan Polri, tim menemukan pelanggaran akan menjatuhkan sanksi berat berupa pencabutan izin uaaha.

"Kita berharap semua pihak ikut menjaga ketenteraman dan keamanan Kota Solo, termasuk mematuhi larangan melakukan kegiatan yang dapat mengganggu ketertiban umum, seperti judi, miras, narkoba, serta membunyikan petasan," jelasnya. 

loading...

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 BERITA JOGJA | All Right Reserved