BBPOM DIY: Waspada, Takjil Mie Goreng Mengandung Boraks - BERITA JOGJA BBPOM DIY: Waspada, Takjil Mie Goreng Mengandung Boraks - BERITA JOGJA

Jumat, 10 Mei 2019

BBPOM DIY: Waspada, Takjil Mie Goreng Mengandung Boraks

BBPOM DIY: Waspada, Takjil Mie Goreng Mengandung Boraks

BBPOM DIY: Waspada, Takjil Mie Goreng Mengandung Boraks

BeritaJogja.Net ■ Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dinas kesehatan melakukan sidak makanan takjil di Bazar masjid Suciati Grojogan, Pandowoharjo, Sleman.

Ternyata, hasil tinjauan ditemukan satu makanan positif mengandung boraks.

Menurut Etty Kusnawati, staff bidang informasi komunikasi BBPOM DIY mengatakan, pihaknya melakukan uji terhadap sejumlah makanan takjil yang ada Kabupaten kota salah satunya di wilayah Sleman.

"Jadi sore hari ini kita sudah mengambil sampel sebanyak 17 terdiri dari berbagai macam makanan ada yang berupa minuman, makanan siap saji, dan beberapa jajanan pasar," kata Etty Kusnawati kepada wartawan usai meninjau sejumlah makanan di Bazar masjid Suciati, Kamis (09/05/19).

Dari beberapa sampel makanan dan minuman meliputi bakso, tahu, sosis, peyek dan mie goreng tersebut, pihak dinas kesehatan menemukan ada satu yang positif mengadung boraks yaitu pada mie goreng.

"Dari 17 itu ternyata ada satu yang positif mengandung boraks yaitu mie goreng," tegasnya.

Yang mengandung positif boraks dalam mie goreng tersebut kiranya ada dua kantong plastik sekitar 2 kiloan yang didapat dari satu penjual.

Menurut keterangan pedagang, mie tersebut didapat dari pasar Denggung. "Nanti akan kita tindak lanjuti lagi dari pasar Denggung itu. Dari denggung kita selidiki lagi dia belinya dari mana," tambahnya.

Selain boraks pihaknya juga menguji 4 bahan berbahaya lainnya yaitu formalin, boraks, pewarna meliputi warna merah berbahaya yaitu rhodamin B dan pewarna oranges berbahaya dari metanil yellow.

"Setelah ini para pedagang akan kami berikan binaan terhadap ciri-ciri makanan yang mengandung bahan berbahaya," ungkapnya, seperti dikutip dari KR Online.

Rencananya, pihak Bbpom DIY akan melakukan pengawasan makanan takjil di 7 titik dari seluruh kabupaten kota yang ada di DIY. 

loading...

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 BERITA JOGJA | All Right Reserved