Menteri BUMN Berharap Bandara YIA Tidak Alami Nasib Seperti Bandara Kertajati di Jawa Barat - BERITA JOGJA Menteri BUMN Berharap Bandara YIA Tidak Alami Nasib Seperti Bandara Kertajati di Jawa Barat - BERITA JOGJA

Rabu, 08 Mei 2019

Menteri BUMN Berharap Bandara YIA Tidak Alami Nasib Seperti Bandara Kertajati di Jawa Barat

Menteri BUMN Berharap Bandara YIA Tidak Alami Nasib Seperti Bandara Kertajati di Jawa Barat


BeritaJogja.Net ■ Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno berharap Bandara YIA Kulon Progo tidak mengalami nasib yang sama seperti Bandara Kertajati di Jawa Barat. Bandara Kertajati sepi penumpang dan pengunjung, karena lokasi yang jauh dan tak didukung akses usaha.

Karena itu, Rini minta operasional Bandara YIA, harus ada berbagai program untuk menarik minat khususnya wisatawan datang ke Jogja dan sekitarnya dengan menggunakan penerbangan yang mendarat di YIA.

"Ya agar tidak sepi, kita tekankan adanya program-program yang menarik. Jaraknya seperti apa, kesiapan transportasinya gimana," kata Rini saat melakukan uji coba penerbangan ke Yogyakarta International Airport (YIA) menggunakan pesawat Citilink pada Selasa (7/5/2019).

Menurutnya, salah satu program yang bisa menarik minat kunjungan dan penerbangan yaitu dengan program wisata. Berbagai kegiatan wisata di Jogja dan sekitarnya bisa dikembangkan agar wisatawan baik domestik maupun mancanegara tertarik datang ke Jogja dan mendarat di YIA.

Seperti diketahui, Bandara Yogyakarta adalah bandara kedua di Jawa yang dibangun selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, ada Bandara Kertajati yang beroperasi perdana pada Mei 2018.

Bandara Kertajati yang menghabiskan investasi senilai Rp2,6 triliun itu, kondisinya saat ini justru sepi penumpang.

BACA JUGA: Punya Web, Tapi Tidak Punya Akun AdSense? Ini Solusinya 

Maskapai yang melayani pun hanya satu, yakni Citilink Indonesia dengan frekuensi terbang sebanyak tiga kali setiap minggu. Padahal, biaya operasionalnya tidak kecil, mencapai Rp6 miliar-Rp7 miliar per bulan.

Hingga saat ini Bandara Kertajati Jawa Barat nasibnya belum jelas, sehingga muncul kekhawatiran Bandara Yogyakarta akan mengalami nasib yang sama.

■ Utari S

loading...

BERITA LAINNYA

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 BERITA JOGJA | All Right Reserved