Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Obat Kutu Anjing

pixabay.com


Punya anjing peliharaan yang sedang kutuan? Berikut ini adalah cara memilih produk pembasmi kutu anjing yang bisa Anda coba. Ada banyak sekali produk pembasmi kutu yang beredar di pasaran. Namun, setiap produk biasanya memiliki efek samping apabila tidak cocok dengan kondisi anjing peliharaan Anda. Maka dari itu mari pelajari dulu produknya sehingga Anda bisa menemukan produk yang tepat untuk anjing peliharaan Anda. Berikut adalah poin penting yang perlu Anda ketahui sebelum memilih obat kutu anjing peliharaan Anda.

Ketahui Jenis anjing peliharaan Anda

Obat kutu anjing yang tersedia di pasaran dibagi menjadi beberapa jenis yang bergantung pada jenis dan bobot anjing Anda. Hal ini karena kita harus menentukan dosis pemakaian obat yang tepat tergantung dari bobot serta kondisi anjing kita.

Jadi, jika Anda salah memilih produk misalnya produk yang sebenarnya khusus anjing besar tetapi diberikan kepada anjing kecil seperti Chihuahua, maka akan memberikan efek samping terhadap anjing tersebut. Kemungkinan efek yang timbul tersebut akan membahayakan kesehatan anjing peliharaan Anda. Oleh karena itu mari kita cari tahu dulu jenis anjing peliharaan. 

Jenis anjing terbagi menjadi 3 yaitu anjing kecil, anjing sedang, dan anjing besar. Mohon untuk sangat memperhatikan semua jenis ini sebelum Anda membeli obat kutu anjing yang sesuai. Gunakan obat yang memang sesuai dengan jenis  anjing peliharaan Anda.

Pilihlah Obat yang direkomendasikan rumah sakit

Hati-hati dengan iklan obat kutu anjing yang dijual di pasaran, banyak produk yang sebenarnya tidak memiliki faedah sama sekali. Meski harganya terjangkau dengan kantong Anda, tetapi produk tersebut tidak terlalu efektif digunakan untuk membasmi kutu anjing peliharaan Anda. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan pada produk tersebut sudah melemah, tidak seperti produk yang memang sudah direkomendasikan oleh rumah sakit hewan.

Namun, karena kutu pada anjing tumbuh sangat cepat, kita harus secepatnya menemukan obat yang sesuai. Oleh karena itu, mari gunakan obat yang sudah direkomendasikan oleh dokter dari rumah sakit hewan yang dijamin efektif 100% dalam membasmi kutu anjing untuk peliharaan Anda.

Gunakan Obat Telan untuk Anjing berkulit Sensitif

Ada beberapa tipe obat untuk pestisida pembasmi kutu, yaitu obat tetes di tengkuk, bisa jenis spray, tablet, dan lain sebagainya. Tetapi jenis yang paling sering digunakan adalah obat tetes. Obat tetes dirasa lebih efisien digunakan bagi peliharaan yang kesulitan minum obat. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati agar anjing Anda tidak menjilati bagian kulit yang dibubuhi obat.

Meski termasuk produk yang paling sering digunakan, tipe obat tetes ini tidak dapat dipakai bagi peliharaan yang memiliki kulit sensitif. Jadi sebaiknya Anda menggunakan obat tablet sajalakukan secara manual dengan cara menggunakan sisir kutu.

Kesimpulan

Jika anjing peliharaan Anda diserang kutu, kutu tersebut dapat menyebar ke seluruh bagian rumah. Hal tersebut dapat membuat rumah menjadi tidak higienis dan mengganggu kesehatan seluruh anggota keluarga.

Cara membasmi kutu anjing yang berkeliaran di rumah sebenarnya tidak mustahil, namun Anda harus telaten dalam menanganinya agar kutu pada anjing kesayangan Anda tidak kembali lagi. Bagi Anda yang memelihara anjing tentunya Anda harus membasmi kutu yang mengganggu pada anjing peliharaan Anda. 

Karena jika dibiarkan, kutu tersebut akan memberikan dampak buruk dan rasa gatal yang disebabkannya. Terlebih lagi, kutu dapat berpindah dan berkembang biak di rumah Anda. Oleh karena itu, segeralah basmi kutu tersebut dan jangan lupa untuk gunakan produk yang sesuai dengan peliharaan kesayangan Anda.

Post a Comment for "Tips Memilih Obat Kutu Anjing"

Berlangganan via Email