Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua Hal ini Berpengaruh untuk Usahamu



Seiring perkembangan era digital yang begitu sangat pesat dan cara untuk menghadapi persaingan, setidaknya kamu harus mengetahui beberapa hal ini. 

saya akan sedikit mengulas tentang website dan Lean starup, untuk yang berkarir yang bergantung dari internet.

Dua hal tersebut mungkin sangat berguna untuk kamu.

Semuanya sudah serba internet, seperti halnya kamu mau beli baju dan tokonya berlokasi di bandung sementara kamu di jakarta misalnya, kalau harus langsung datang ke tokonya harus itung ongkos jalannya kan.

Tetapi saat ini berkat internet kamu bisa membeli apa-apa dari rumah, tidak hanya baju saja. 

Dan di internet ini kamu juga berpeluang memperoleh penghasilan dengan cara menjadi publisher, youtuber, dan masih banya lagi.

Saat ini banyak penjual beralih ke pasar online, dengan melihat peluangnya yang sangat besar.


Untuk kamu yang merintis usaha dua hal tadi mungkin sangat berguna.

Baiklah, saya akan memberikan sedikit ulasan tentang website dan lean starup, semoga kamu terbantu dengan adanya artikel sederhana ini.

Yang pertama kamu harus mengetahui sedikit tentang Sejarah Website!


Website pertama kali dibuat atau di kenalkan oleh Tim Berners-Lee tepatnya di akhir tahun 1980an dan baru resmi online pada tahun 1991. 

Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website adalah supaya lebih memudahkan para peneliti di tempatnya bekerja ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Sedangkan Website tidak hanya dimiliki oleh individu saja, tetapi sebuah organisasi, atau perusahaan juga dapat miliki.


Apa saja kira-kira unsur penting dalam Website ya?


Dalam sebuah website terdapat 3 unsur penting.  Mungkin kalau diibaratkan sebuah mesin, unsur ini yang sangat berperan penting.
Apa saja tiga unsur yang dimaksud itu:

1. Domain. 


Jika sebuah website diibaratkan dengan produk, maka domain adalah merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk mengunjungi suatu website. 

Dengan pemilihan nama domain yang simpel juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya dikunjungi kembali.


2. Hosting. 


Hosting ini juga tidak kalah penting dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website. 

Banyak sekali penyedia jasa hosting di Indonesia, salah satunya DomaiNesia tempat jual hosting murah 2021 terbaik, dengan webhosting  SSD berperforma tinggi dalam infrastruktur Cloud.

3. Konten. 


Tanpa adanya konten pada website, maka website bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa macam website. 

Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli atau website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi.



Yang kedua sama pentingnya untuk kamu yaitu lean starup.

Lean Startup 

Apa itu lean starup?


Kebanyakan orang berpikir “Lean” mereka pasti berpikir startup tersebut menghabiskan uang sesedikit mungkin atau berjalan pada anggaran yang ketat. 

Lean startup merupakan metode atau konsep yang disebut metodologi lean startup, metodologi ini adalah proses, dimana proses ini dilakukan dengan cepat untuk membangun prototype agar dapat menguji asumsi user atau pelanggan dengan pelayanan yang nyata.

Jadi intinya, asumsi perusahaan atau developer diuji dengan dilepaskannya prototype secara langsung ke realita pasar demi meminimalisir atau bahkan meniadakan pembuangan ( waste ) yang sia-sia baik berupa waktu, tenaga dan materi.

Metode yang digunakan untuk pengembangan bisnis tersebut dipopulerkan oleh Eric Ries , seorang lulusan Yale University yang menulis sebuah buku dengan judul “The Lean Startup”. Buku tersebut dipublikasikan pada September 2011. 

Sejak diterbitkannya buku tersebut, makin banyak perusahaan maupun kalangan bisnis yang memperbincangkannya dan mempraktikkannya.

Lean Startup Methodology sekarang telah diajarkan di lebih dari 25 universitas. 

Selain itu juga diajarkan melalui kursus online populer di Udacity.com. 

Lalu, di hampir setiap kota besar di seluruh dunia, Anda dapat menemukan organisasi atau event seperti Startup Weekend.


Bagaimana sejarah Singkat Lean Startup?


Metodologi lean startup ini sebenarnya terinspirasi dari lean manufacturing yang sudah pernah diaplikasikan, proses produksi efisien yang dipelopori oleh Taiichi Ohno. 

Proses produksi tersebut menggabungkan prinsip yang digunakan oleh Henry Ford sejak tahun 1906 dan program TWI yang diperkenalkan ke Jepang pada tahun 1951.

Setelah lebih dari 15 tahun melakukan percobaan, proses produksi ini berjalan stabil dan dapat direproduksi. 

Penggunaan istilah “lean” untuk menggambarkan sistem Ohno pertama kali dibukukan pada tahun 1990 dengan judul “The Machine That Changed the World”.

Sistem lean manufacturing menganggap limbah sebagai sumber daya yang dapat diolah kembali sehingga dapat dimanfaatkan lagi. 

Lalu jika masih ada limbah yang dihasilkan, akan terus dilakukan pencarian cara agar limbah tersebut dapat dihilangkan.

Secara khusus, sistem ini berfokus pada bagaimana meminimalkan persediaan di seluruh proses produksi atau pembuatan. 

Produsen akan diberi sinyal hanya jika diperlukan input terkait produksi, jadi dengan demikian mengurangi limbah perakitan (inventory) dan meningkatkan produktivitas.

Selain itu, pos pemeriksaan kualitas langsung dapat mengidentifikasi kesalahan atau ketidaksempurnaan selama perakitan sedini mungkin untuk memastikan agar waktu yang dikeluarkan lebih sedikit dalam mengembangkan produk yang salah. 

Fokus utama lain dari sistem manajemen lean adalah menjaga hubungan erat dengan pemasok agar dapat memahami keinginan pelanggan mereka.

Pada sebuah artikel yang diterbitkan dalam Harvard Business Review tahun 2013, mentor Ries, Steve Blank, menjelaskan bagaimana metodologi lean startup ini juga menjadi inspirasi dari karya orang-orang lainnya seperti Ian C. MacMillan dan Rita Gunther McGrath.

Kedua orang tersebut mengembangkan sebuah teknik yang disebut dengan perencanaan berbasis penemuan. 

Teknik ini merupakan upaya untuk membawa pola pikir kewirausahaan ke perencanaan yang efektif.


Kesimpulan


Dari dua hal yang sedikit saya bahas mungkin sangat berkaitan dalam urusan usahamu, website untuk membranding usaha kamu dan lean starup merupakan sebuah konsep untuk membangun prototype perusahaan.

Post a Comment for "Dua Hal ini Berpengaruh untuk Usahamu"